Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KE AIR TERJUN SELIMANG - KEPAHIANG

Perjalanan

Aku bagi pada kawan-kawan sedikit cerita tentang aku dan kawan-kawan sesama guru SKMN 1 Seberang Musi-Kepahiang, juga beberapa orang siswa mengunjungi Air Terjun Selimang, di Kabupaten Kepahiang-Bengkulu, April 2016 lalu.

Foto 1

Air terjun Air Selimang berada di dalam kawasan Hutan Lindung Bukit Daun Register 50, dengan ketinggian kurang lebih 15 meter, menerjuni batuan karang, yang kemudian akan terus mengalir hampir sejauh 85 km menujut laut.

Kawasan Hutan Lindung Bukit Daun Register 50 sendiri merupakan habitat Bunga Rafflesia Arnoldi, harimau Sumatera dan Beruang Madu.

Masyarakat Kepahiang sendiri banyak belum tahu keberadaan air terjun ini. Hal ini dikarenakan memang lokasinya yang relatif jauh dari kota Kepahiang. Selain itu, medan perjalanan ke sana juga lumayan sulit. Dari kota Kepahiang (ibu kota Kabupaten Kepahiang), kita bisa menumpang angkutan desa atau sepeda motor menuju Desa Air Selimang sejauh 20 km. Sementara Kepahiang-Bengkulu sendiri berjarak kurang lebih 70 km.

Desa Air Selimang bagian dari Kecamatan Seberang Musi, Kabupaten Kepahiang-Bengkulu. Di desa ini mayoritas masyarakatnya berbahasa Serawai, bahasa yang umum dipergunakan di Kabupaten Bengkulu Selatan dan Seluma (Bahasa asli Kabupaten Kepahiang sendiri adalah bahasa Rejang).

Foto 2

Dari desa ini kita akan berjalan kurang lebih 10 km menuju lokasi air terjun. Kita akan melewati jalan setapak tanah, sedikit berlumpur akibat hujan (Kepahiang memiliki tingkat curah hujan yang tinggi!), perkebunan-perkebunan kopi rakyat, hutan rimba, ada beberapa pendakian bukit karang dan menyeberangi 2 buah sungai.

Foto 3

Dalam perjalanan banyak sekali pemandangan indah yang kita temui. Dari beberapa ketinggian kita bisa melihat panorama Kepahiang dan Bengkulu di kejauhan cakrawala, bahkan desa-desa di wilayah Pasemah-Sumatera Selatan. Sungguh, rute yang mengasyikkan sekaligus melelahkan.

Foto 4

Membayar Lelah

Namun, kelelahan ini akan segera terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan dari Air Terjun Selimang. Menerjuni 2 tingkat batuan karang, air melaju menderu, air terjun Selimang kemudian tenang mengalir sampai jauh menuju lautan.

Foto 5

Benar-benar air alami, begitu segar, yang sumbernya berada jauh di atas perbukitan Bukit Barisan. Berenang, berendam mendaki dinding air terjung merupakan keasyikan tersendiri bagi mereka yang menyukai petualangan, menyintas atau olah raga alam.

Setelah lelah berendam dan mendaki di puncak air terjun, lalu bekal pun dibuka. Sungguh, sebuah sensasi makan bersama di tengah hutan, sambil menikmati keindahan alam yang menakjubkan.

Foto 5
Foto 7

Karena lokasi yang sulit dengan medan perjalanan relatif berat, mungkin air terjun ini belum bisa ditawarkan untuk wisata keluarga! Namun, untuk anda-anda yang hobi hiking, olah raga alam, fotografi, petualangan atau juga bersepeda, nah.... Air Terjun Selimang menunggu.

All photos: private collection

Emong Soewandi
Emong Soewandi Blogger sejak 2014, dengan minat pada sejarah, sastra dan teater

Post a Comment for "KE AIR TERJUN SELIMANG - KEPAHIANG"