Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

VISIT BENGKULU: KEINDAHAN PANTAI SUNGAI SUCI

Pantai Tapi Sungai?

Liburan akhir tahun sebentar lagi. Kemana kunjungan kita?
Ke Bengkulu, yuk! Tepatnya ke Pantai Sungai Suci, di Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu.
garis pantai Sungai Suci
Begitulah namanya: Pantai Sungai Suci. Sebuah pantai yang konon "keramat" di Bengkulu Tengah yang dikelilingi tebing-tebing karang yang curam. Pantai ini juga dikelilingi semak pandan-pandan laut (Pandanus odorifer), yang akar-akarnya pun menjadi pertahanan dari ancaman abrasi. Di bawah tananaman yang hingga ada yang tumbuh di dinding-dinding tebing ini, sering menjadi tempat duduk-duduk dan berteduh bagi para pengunjung.

Berbeda dengan sungai-sungai di sekitar muara yang biasa berasa asin, maka sebuah sungai kecil yang bermuara ke pantai ini tidak berasa asin, tetap tawar seperti air sungai yang jauh dari muara. Jadi, mungkin karena itulah namanya Sungai Suci.

Anehnya, banyak orang yang tidak begitu memperhatikannya sehingga menimbulkan anggapan bahwa dia tidak dapat menemukannya, padahal untuk menuju bagian ujung teluk dari pantai ini harus melewati sungai itu. Banyak orang memberikan penafsiran tersendiri. Namun, sebenarnya memang karena sungai itu begitu kecil sangat dangkal, bahkan di saat-saat musim kering akan seperti aliran selokan yang begitu kecil, serta juga sedikit tersembunyi di antara tebing, sehingga tidak begitu terlihat keberadaannya.
Memancing di karang

Karang pantai
Yang jelas, pantai ini memang asyik punya. Keberadaannya berada di bawah tebing-tebing yang tinggi dan panjang. Dari atas tebing itu kita akan ditawarkan keindahan pemandangan lepas Lautan Indonesia. Tebing-tebing curam itu dihempas ombak tiada henti, di mana hempasannya bisa sangat tinggi seperti semburan geyser, hingga mencapai puncak tebing. Apalagi jika sore hari, matahari menjelang senja dengan paparan cahayanya di permukaan laut, pantai ini benar-benar akan menyajikan sebuah pemandangan sunset yang begitu menakjubkan.

Pada hari-hari libur pantai yang telah menjadi obyek wisata adalan Bengkulu Tengah ini akan ramai dikunjungi wisatawan. Selain dari Bengkulu, mereka yang datang juga berasal dari daerah-daerah lain di Bengkulu, hingga dari luar provinsi Bengkulu.

Bagi anda peminat dan pemburu batu akik, maka Pantai Sungai Suci adalah tempat yang tidak boleh diabaikan. Salah satu batu akik yang menjadi ciri khasnya adalah Batu Teratai, yang memiliki beragam corak dan warna.
Garis pantai
Antara dua karang pulau
Di pantai ini juga ada beberapa gugus karang kecil, yang bisa kita seberangi melalui sebuah jembatan gantung. Sedikit uji nyali, karena jembatan yang terbut dari lilitan-lilitan tali tambang itu goyah dan bergoyang-goyang, sementara di bawah jembatan ada ombak berdebur-debur. Jembatan yang memiliki panjang 20 meter ini bisa memacu adrenalin, sehingga bukan hal yang aneh jika banyak yang takut dan berteriak-teriak ketika meniti jembatan yang kecil dan sempit ini.

Tetapi, katanya di jembatan ini juga akan diuji kemesraan mereka yang berpasangan. Ada lelaki muda yang sampai gemetar menitinya, nekad karena sang kekasih hati mau ke seberang. Tertatih-tatih di melangkah dengan wajah pucat, sementara sang wanita melenggang riang ber-selfi-selfi sambil mengunyah kuaci.
Di bawah pandan laut
Di gugus karang kecil itu kita bisa duduk bersantai menikmati tarian ombak, desir angin yang sejuk dan tentu saja berswafoto dengan pemandangan yang indah. Yang hobi-hobi menulis puisi, rasanya sekarung puisi pun bisa anda peroleh dari keindahan panorama ciptaan Ilahi Maha Besar ini.

PESAN PENTING:

Pantai ini tidak cocok untuk jomblo, jadi janganlah datang sendiri. Berkawan-kawanlah jika datang ke sana!

Pantai Sungai Suci adalah tempat "cuci mata", bukan tempat yang tepat untuk berenang!

Ini pesan penting juga, ombak di Pantai Sungai Suci tidak begitu ramah bagi pengunjungnya. Gerakan ombak yang gemuruh pantai ini lebih pas untuk dinikmati dengan mata, sehingga tidak juga begitu aman untuk olah raga renang. Ombaknya pun begitu kuat yang bisa menghempaskan perenang ke dinding karang. Walaupun dangkal, namun dasar pantainya adalah karang-karang yang tajam yang dapat melukai kaki.

Pantai Sungai Suci berada di Desa Pasar Pedati, Kecamatan Pekik Nyaring, Kabupaten Bengkulu Tengah. Dari pusat kota Bengkulu hanya berjarak 20 km yang bisa ditempuh dengan kendaraan roda 2 atau 4. Dari Bengkulu ke lokasi, kita akan melalui jalan lintas Bengkulu-Arga Makmur di pesisir pantai di atas kondisi jalan aspal yang mulus. Dari jalan lintas itu nanti kita akan masuk sejauh 1 km untuk tiba di lokasi, juga melalui kondisi jalan yang bagus.

Untuk masuk ke lokasi kita harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000,00/orang. Jangan kuatir, itu adalah tiket legal.

All pictures: Private Collection
Taken by : Vivo Y15 Smartphone

Emong Soewandi
Emong Soewandi Blogger sejak 2014, dengan minat pada sejarah, sastra dan teater

Post a Comment for "VISIT BENGKULU: KEINDAHAN PANTAI SUNGAI SUCI"