Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MANDI HUJAN ITU MENYENANGKAN

Ezhy dan Rhey mandi-mandi hujan di halaman rumah
Image Source: Private Collection
Hujan mulai rajin sambangi kita. Saatnya mandi-mandi hujan
Jika di masa kanak-kanak dulu anda sering mandi-mandi hujan, maka dipastikan masa kanak-kanak anda pastilah luar biasa! Berlarian ke sana-sini, tak ada rasa malu untuk telanjang bulat, melompat-lompat, mengguyur tubuh di bawan pancuran rumah adalah sekelumit kisah bagaimana kerennya mandi hujan.

Agar kelak anak-anakku pun menjadi orang yang luar biasa, maka 2 bocah lanangku, Ezhy dan Rhey tidak pernah kularang untuk bermain-main di bawah hujan. Bahkan, sesekali aku juga akan ikut menerjunkan diri ke derasnya hujan yang sedang mengguyur bumi. Berlarian, berkejar-kejaran atau bersilat-silatan dengan mereka tak akan aku merasa jika masa kecilku kurang bahagia. Justru mandi hujan bersama mereka akan membuat kami akrab, dan dari mereka sendiri akan timbul rasa percaya diri, bahwa alam sebenarnya begitu bersahabat.

Image Source: Private Collection

Aku termasuk orang yang tidak percaya dengan anggapan, bahwa mandi-mandi hujan akan membuat anak-anak jatuh sakit. Ketika mereka pulang sekolah dengan tubuh dan pakaian basah kuyup, karena hujan turun dengan deras, aku santai saja. Bagiku air hujan itu sehat. Apalagi di kotaku yang kondisi cuacanya masih cukup jauh dari pengaruh polusi, jadi air hujan yang jatuh pun masih bersih, tak terkontaminasi dengan unsur-unsur kimiawi yang tidak sehat.

Bermain-main di bawah hujan akan membuat mereka kaya imajinasi, karena akan ada banyak kreativitas yang hanya bisa mereka lakukan di bawah hujan. Berlari-lari atau meloncat-loncat serta berteriak-teriak riang di bawah hujan memiliki sensasi tersendiri bagi mereka. Suara hujan jatuh, percikan air, tanah basah dan tubuh kuyup membuat mereka akan mengekspresikan sebuah kebebasan yang tak akan ada mereka dapatkan di dalam rumah.

Hujan telah membebaskan! Dan, di bawah hujan, anak-anak akan benar-benar menjadi diri mereka sendiri.

Image Source: Private Collection

Hujan juga akan membuat mereka kuat dan sehat

Dikutip dari Astaga, bahwa:
mandi air hujan ternyata bukan hanya memberi efek bahagia. Hasil penelitian, menyebutkan mandi hujan sangat baik untuk kesehatan. Air hujan dipercaya memiliki kandungan oksigen yang lebih murni, yang dibutuhkan oleh tubuh. Saat air hujan membasahi tubuh, akan memberi efek relaksasi pada tubuh. Percikan air hujan di kulit mampu membantu memperbaiki syaraf-syaraf dalam tubuh sehingga membantu meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan penyakit dan mengobati stress
Mengapa harus memanjakan tubuh anak selalu hanya dengan rasa hangat dan nyamannya dalam selimut, yang kemudian hanya membuat mereka rentan dengan perubahan suhu. Hujan yang turun pun bisa membuat mereka bahagia. Air hujan dan dingin saat hujan juga akan menempa mereka menjadi anak-anak yang adaptif, tidak mudah kedinginan, siap dengan perubahan-perubahan dan (semogalah kelak) selalu tegar, tidak mudah cengeng diguyur problem-problem kehidupan

Image Source: Private Collection

Tentu saja, ada hal-hal yang harus tetap diperhatikan oleh orang tua:

Pertama: awasi mereka selalu. Terlalu riang main di bawah hujan bisa membuat mereka tidak memperdulikan lingkungan lagi, hingga bisa berlari-lari ke jalan raya, atau lupa dengan selokan-selokan yang ada di dekat rumah.

Kedua: jangan membiarkan anak terlalu lama mandi hujan. Jika anak terlihat telah mengigil, suruh mereka berhenti, agar mereka dapat segera terhindar dari penurunan suhu tubuh secara ektrem, yang dikuatirkan bisa mengakibatkan penyakit hipotermia.

Ketiga: mandikan mereka segera dengan air hangat, lalu seka kering tubuh mereka dan kemudian kenakan pakaian kering dan menghangatkan.

Keempat: berilah mereka teh hangat dan makanan bernutrisi untuk mengembalikan stamina tubuh mereka yang menurun akibat kedinginan.

Kelima: jangan larang anak kita untuk mandi dan bermain-main dalam hujan.

Nah, kehujanan, siapa takut?
Emong Soewandi
Emong Soewandi Blogger sejak 2014, dengan minat pada sejarah, sastra dan teater

Post a Comment for "MANDI HUJAN ITU MENYENANGKAN"