Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SURAT WALLACE UNTUK DARWIN DARI BENGKULU, 1861

Alfred Russel Wallace
sumber gambar: 
artuk.org 

Alfred Russel Wallace OM FRS (8 Januari 1823 – 7 November 1913) adalah naturalis sekaligus penjelajah, geografer, antropolog, biolog, dan ilustrator berkebangsaan Inggris yang mencetuskan teori evolusi lewat seleksi alam. Makalah yang ia tulis mengenai pokok bahasan tersebut terbit berbarengan dengan sejumlah karya tulis Charles Darwin pada 858. Hal ini mendorong Darwin untuk mempublikasikan gagasannya sendiri dalam Asal Usul Spesies. Wallace banyak melakukan penelitian lapangan, pertama-tama di basin Sungai Amazon dan kemudian di Kepulauan Melayu (Nusantara), di mana ia mengidentifikasi pembagian fauna yang sekarang dikenal dengan istilah Garis Wallace. Garis tersebut membagi kepulauan Indonesia menjadi dua bagian yang berbeda: bagian barat di mana sebagian besar faunanya berasal dari Asia, dan bagian timur di mana faunanya mencerminkan Australasia (wikipedia)

Charles Robert Darwin (12 Februari 1809 – 19 April 1882) adalah seorang naturalis dan ahli geologi Inggris, paling dikenal untuk kontribusinya terhadap biologi evolusioner. Dia mengemukakan bahwa semua spesies berasal dari nenek moyang bersama dan berkembang dari waktu ke waktu, sekarang diterima secara luas dan dianggap sebagai konsep fundamental dalam ilmu pengetahuan. Dalam publikasi bersama dengan Alfred Russel Wallace, dia memperkenalkan teori ilmiah yang menyatakan pola percabangan evolusi dihasilkan dari sebuah proses yang dia sebut seleksi alam, di mana perjuangan untuk eksistensi memiliki efek yang sama dengan seleksi buatan yang terlibat dalam seleksi buatan. Darwin telah digambarkan sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh dalam sejarah manusia, dan ia dihormati dengan penguburan di Westminster Abbey. (wikipedia)
------------------------------------------

Sumatra, 100 mil Timur Bengkulu
30 November 1861

My dear Mr. Darwin,
Pada suatu malam di musim hujan di hutan Tengah Sumatera ini, saya menyibukkan diri dengan menulis beberapa baris kepada Anda untuk mengatakan beberapa hal yang mungkin bisa saya lupakan sama sekali. Sekitar satu setengah tahun yang lalu saya menulis surat kepada Anda dari suatu tempat di sebelah timur Seram, dengan komentar yang lebih mendalam tentang buku Anda, tetapi surat dengan satu untuk agen saya Mr. Stevens tidak pernah saya percaya mencapai Amboyna. Yang dapat saya ingat dari mereka sekarang adalah bahwa pembacaan berulang-ulang telah membuat keseluruhan lebih jelas dan lebih terhubung dengan saya dan argumen umum dan khusus lebih jelas dan lebih kuat daripada pada awalnya.

Saya telah meminjamkan buku itu kepada dua orang di sini di Timur, tidak satu pun dari mereka yang memiliki pengetahuan atau selera yang paling samar dan paling umum tentang Sejarah Alam, tetapi keduanya adalah orang yang banyak membaca dan dengan selera spekulasi dan teori yang seperti yang dikatakan Bentham dengan istilah lain untuk berpikir. Tuan Duivenbode dari Ternate yang pertama, seorang Belanda yang berpendidikan di Inggris, membacanya tiga kali sebelum dia mengembalikannya kepada saya, menyatakan dirinya sangat senang dan tertarik sehingga dia ingin menguasai seluruh argumen. Yang lain seorang kapten pedagang menetap di Timor Delli [sic] dengan siapa saya tinggal selama 3 bulan menyimpannya sepanjang waktu, terus-menerus membacanya dan kami menjadikannya bahan pembicaraan hampir setiap kali kami bertemu, dan ketika saya pergi dia tidak mengembalikannya sampai kapal uap tiba. Dia membahas rekapitulasi bab dan kesimpulan untuk mendapatkan hasil maksimal yang dia bisa-- Kesaksian sederhana ini membuktikan saya pikir baik cara menarik di mana Anda memperlakukan subjek dan kejelasan yang Anda nyatakan dan menegakkan argumen; dan saya yakin mereka akan menyenangkan Anda seperti saya [satu kata tidak terbaca, dicoret] meyakinkan Anda bahwa itu menyenangkan bagi saya.

Suatu hari saya bertemu di atas kapal uap Belanda, Ahli Geologi yang menemani perjalanan dari Prusia untuk menemukan Baron Richthofen. Dia telah melalui Jawa di mana dia telah membuat banyak koleksi fosil-- Dia sekarang akan meninggalkan kapal dan melakukan perjalanan di British India dan setelah itu pergi ke Amoor dan daratan Eropa untuk belajar dan meningkatkan dirinya di geologi. Dia tampaknya seorang naturalis yang sangat cerdas dan baik. Dia sedang membaca buku Anda yang dia pinjam di Jawa, dan saat saya bertanya kepadanya apakah dia seorang mualaf, dia tersenyum dan berkata, "Sangat mudah bagi seorang Ahli Geologi." Saya juga melihat Dr. Schneider yang telah melakukan penelitian geologis di Timor-- Dia meyakinkan saya bahwa dia menemukan banyak gigi Mastodon, juga terebratulae; orthocera dan moluska lainnya. Dia telah memberikan sebagian besar koleksinya kepada ahli zoologi dari Ekspedisi Prusia yang sama, tetapi mengatakan dia telah menerbitkan deskripsi dari semua fosil Timor di Batavian Journal of Nat. Sciences, saya lupa judulnya dalam bahasa Belanda, tapi Anda pasti tahu karyanya-- Mereka akan diterbitkan bulan ini, saya rasa dia memberitahu saya. Saya percaya pekerjaan besar Anda terus berlanjut dan akan segera muncul. Namun saya berharap Anda akan memiliki ilustrasi yang berlebihan. Saya yakin itu akan menjadi kepentingan penerbit untuk melakukannya karena saya pasti akan menggandakan sirkulasi. Banyak hal yang lemah jika hanya disebutkan atau digambarkan dengan angka angka yang menjadi jelas dan kuat ketika daya tarik dibuat. Varietas merpati garis-garis kuda, variasi semut, pembentukan sarang lebah dan seratus hal lainnya semuanya akan lebih baik untuk ilustrasi yang baik-- Mereka juga akan membuat buku lebih baru dan lebih berbeda dari pendahulunya di mata dunia. publik kepada siapa itu mungkin akan tampak sebagai pembesaran belaka-- Jika poin ini tidak diputuskan, harap pertimbangkan dengan serius.

Saya tidak melihat apa-apa selain Athenaeum, jadi saya hanya tahu sedikit tentang apa yang terjadi di antara para Naturalis-- Huxley dan Owen tampaknya sedang berperang terbuka, tetapi saya tidak dapat menyimpulkan bahwa ada orang yang berani menyerang Anda secara adil di seluruh pertanyaan, atau memberanikan diri untuk menjawab seluruh argumen Anda-- Saya melihat melalui iklannya Dr. Brees mengaku melakukannya tetapi tidak memperhatikan bukunya.

Saya akhir-akhir ini sangat tidak berhasil karena cuaca basah yang belum pernah terjadi sebelumnya, efek yang saya kira dari komet. Ini adalah bagian halaman saya yang dipotong

P.S:

Cara lusuh di mana lawan Anda [beberapa kata hilang] lucu. Pertama datang Owen dengan interpretasi barunya tentang apa yang dimaksud oleh naturalis dengan ''penciptaan'' yang ternyata sama sekali bukan ciptaan, tetapi ''cara yang tidak diketahui di mana spesies menjadi ada''!!! Phillips saya melihat mengadopsi interpretasi baru ini yang tentu saja harus mengangkat bangku uskup melawan mereka, untuk apa yang kemudian menjadi ''ciptaan khusus'' dan ''adaptasi khusus'' dan ''pemikiran cerdas yang terlihat di setiap ciptaan khusus'' ,-- jika penciptaan bukanlah ciptaan sama sekali, tetapi hanya ekspresi nyaman dari ketidaktahuan akan hukum-hukum yang dengannya spesies berasal.

Apakah teman saya Bates mengirimi Anda makalahnya tentang Amazon Insects, di mana ia memberikan rincian ''variasi'' yang merupakan kontribusi paling berharga untuk tujuan kita-- Makalahnya juga menunjukkan [sic] apa pekerjaan buta yang membuat spesies dari apa yang bisa disebut koleksi kebetulan;-- spesies di sini, yang lain di sana, ♂ dari satu lokalitas, ♀ dari yang lain, di sini varietas langka, dan dari tempat lain bentuk khas. Tentu saja dengan bahan-bahan seperti itu dan dengan tempat-tempat yang sering salah ditunjukkan, setiap penjelasan berikutnya telah menambah kebingungan; dan keseluruhan telah membentuk kekacauan, sampai seseorang yang mengumpulkan dan mengamati selama bertahun-tahun di distrik yang luas tetapi terhubung telah mampu menertibkan keseluruhan.

Anor, Sumatera
--------------------------------

diterjemahkan dari sumber asli:
didasarkan pada yang diproduksi oleh The Darwin Correspondence Project. 












Emong Soewandi
Emong Soewandi Blogger sejak 2012, dengan minat pada sejarah, sastra dan teater

1 comment for "SURAT WALLACE UNTUK DARWIN DARI BENGKULU, 1861"

  1. This is highly informatics, crisp and clear. I think that everything has been described in systematic manner so that reader could get maximum information and learn many things. Thank you so much.Here we have the one of the best thing that you will find interesting and funny, just visit here Gaytest online.

    ReplyDelete

Semua komentar mengandung kata-kata tidak pantas, pornografi, undangan perjudian, ujaran kebencian dan berpotensi rasial, akan kami hapus